RSS

BINTANG LAUT


BINTANG LAUT

Klasifikasi

Kingdom : Animalia
Phyllum : Echinodermata
Classis : Asteroidea
Ordo : Forcipulatida
Genus : Asterias
Species : Asterias forbesii
Nama daerah : Bintang laut

Karakteristik & Identifikasi
Asteroidea merupakan spesies Echinodermata yang paling banyak jumlahnya, yaitu sekitar 1.600 spesies dan sering disebut bintang laut. Tubuh asteriodea memiliki duri tumpul yang pendek, duri tersebut ada yang termodifikasi menjadi bentuk seperti catut yang disebut pediselaria yang berfungsi untuk menangkap makanan serta melindungi permukaan tubuh dari kotoran mangsa bintang laut itu sendiri adalah remis. Pada bagian tubuhnya terdapat mulut yang disebut bagian oral dan memiliki lubang anus yang disebut aboral. Serta pada bagian lengan asteroidea ini terdapat gonad dan pada bagian ujung tiap lengannya terdapat bintik mata yang sensitif cahaya yang dihubungkan oleh syaraf radial.
Asteroidea “bintang laut” memiliki kaki amburakral yang berfungsi untuk bergerak juga merupakan alat penghisap yang dapat melekat kuatkan tubuhnya pada suatu dasar. Sistem amburakral pada asteroidea tersebut terdiri atas medreporit yaitu lempengan berpori pada permukaan cakram pusat dibagian dorsal tubuh, saluran cincin terdapat pada rongga tubuh cakram pusat, saluran radial merupakan cabang saluran cincin ke setiap lengan, dan kaki amburakral merupakan saluran radial yang keluar. Bintang laut memiliki kekuatan regenerasi yang mengagumkan. Apabila satu lengan putus, lengan baru akan tumbuh kembali. Bila cakram tengah ditempelkan ke tangan yang terpotong, individu baru dapat tumbuh dari bagian yang terpotong tersebut.
Fisiologis Asteriode “bintang laut”, yaitu :
1. Sistem pencernaan makanan mulut - kerongkongan lambung - ke cabang lengan - kantung pilorus – anus, & sistem ekskresi juga dikeluarkan lewat Branchia dermalis / Papulla
2. Sistem syaraf : cincin syaraf di mulut bercabang ke masing masing lengan
3. Sistem Respirasi : menggunakan Branchia dermalis / papilla berupa kantong tipis ada di setiap kulit lengan berupa tonjolan
Peranan
Asteroidea “Bintang Laut” memiliki peranan dalam kehidupan, yaitu :
• Bintang laut biasanya digunakan sebagai hiasan
• Bintang laut memiliki lendir yang bisa digunakan sebagai obat pencegahan terjadinya penyumbatan pembuluh darah ( penyakit asma, artritis, dan inflamasi lainnya)
• Menjadi predator utama di ekosistem pantai berbatu di pesisir barat Amerika Utara, spesifiknya mengendalikan populasi tiram biru, sehingga spesies yang lain dapat menghuni pantai tersebut dan bivalvia tersebut tidak mendominansi secara berlebihan.
• Diantara jenis bintang laut dapat merugikan, karena pemakan tiram/kerang mutiata

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment