RSS

SEL (PROKARIOTIK DAN EUKARIOTIK)


A. Sejarah dan Teori Sel
Istilah sel berasal dari bahasa Latin yaitu cellula yang berarti ruang kecil. Istilah tersebut diberikan oleh ahli fisika-matematika dan arsitek kebangsaan ingggris Roberth Hook tahun 1665. Ia menemukan irisan gabus botol dibawah mikroskop, bahwa adanya unit-unit kecil yang dibatasi oleh dinding-dinding pada penampang gabus tersebut.
Pada tahun 1838 ahli botani Matthias Schleden dan ahli zoologi Theodor Schwan keduanya tertarik dengan adanya kesamaan yang terdapat pada struktur jaringan tumbuhan dan hewan, mereka mengajukan konsep bahwa organisme tersusun atas sel dan sel merupakan kesatuan struktural makhluk hidup. Dari semua pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsi terkecil suatu makhluk hidup.
Teori sel terdapat dua macam yaitu
1. Teori protoplasma
Pada abad pertengahan abad ke-19, beberapa ahli biologi mulai mengenal betapa pentingnya cairan keruh yang terdapat didalam sel. Purkinje,(1839) isi sel tersebut dengan protoplasma. Tahun 1892, Hertwig mengemukakan teori protoplasma , bahwa semua makhluk hidup termasuk binatang dan tumbuhan disusun oleh protoplasma. Jadi sel merupakan akumulasi dari substansi hidup atau protoplasma yang memiliki inti dan terdapat dalam suatu ruangan yang dibatasi oleh selaput luar.
2. Teori organisme
Tubuh organisme bersel banyak(multi cellular)merupakan kumpulan sitoplasma(protoplasma) yang melakukan pembelahan tak sempurna menjadi sel-sel sebagai pusat untuk melaksanakan bermacam-macam aktivitas. Dengan itu organisme bersel banyak merupakan individu yang memiliki deferensiasi protoplasma yang tinggi.
B. Sel prokariotik dan Sel eukariotik

1. Sel Prokariotik
Sel prokariotik hanya dimiliki oleh kingdom Monera. Sel prokariotik tidak memiliki inti sel yang jelas. Dalam bahasa Yunani “pro berarti sebelum” dan “karyon berarti inti sel”. Dalam substansi genetiknya terkonsentrasi dalam kumpulan yang disebut nukleoid yang tidak dibatasi oleh membran dengan bagian sel yang lain. Struktur sel prokariotik lebih sederhana dari eukariotik. Prokariotik memiliki ribosom yang sangat banyak dan berukuran beberapa mikrometer, serta dalam nukleoplasma tersusun atas cairan yang sangat kental disebut sitosol, dan didalam sitosol ini lah banyak organel dengan fungsi dan struktur yang khusus.
Sel prokariotik ini dimiliki oleh ganggang biru dan golongan bakteri dan prokariotik hanya mempunyai satu sistem pembungkus yang diorganisasikan di sebelah dalam. Bagian ini terdiri dari komponen inti seperti molekul DNA, RNA, dan protein inti yang dikelilingi oleh substansi dasar sitoplasma. Seluruh materi dibungkus oleh selaput plasma dan berfungsi sebagai tempat melekatnya enzim.
• Ganggang biru

Di dalam klasifikasi, ganggang biru digolongkan kedalam Divisio Cyanophyta.
CIRI-CIRI UMUM:
- tipe sel: sel Prokariotik (sama dengan bakteri)
- Uniseluler dan Multiseluler
- Memiliki pigmen fikosianin
- Klorofil tidak di dalam kloroplas, tetapi tersebar di seluruh sitoplasma
HABITAT
- Perairan (terutama perairan tawar) dan tempat-tempat lembab.
- Mampu hidup pada perairan dengan suhu sampai 85 derajat C (sumber air panas) sehingga Ganggang Biru merupakan salah satu vegetasi perintis.
CONTOH SPESIES
1. Alga biru uniseluler
- Chroococcus -> hidup di air/kolam yang tenang
- Gloeocapsa -> hidup pada batu atau epifit pada tumbuhan lain
2. Alga biru uniseluler berkoloni
- Polycistis
- Spirulina -> dapat diolah menjadi makanan kesehatan (food
suplement)
3. Alga biru berbentuk benang
- Oscillatoria
- Nostoc commune
- anabaena azollae dan anabaena cycadae bersimbiosis dengan Azolla
pinnata dan Cycas rumphii. Simbiosis Anabaena azollae dnegan Azolla
pinnata sebagai alternatif pupuk Urea, karena simbiosis ini dapat
meningkatkan kadar Nitrogen di lahan persawahan.
• Bakteri

• Bakteri merupakan makhluk hidup yang terdapat dimana-mana… dalam udara yang kita hirup, di tanah yang kita pijak dan tentu saja dalam tubuh kita. Bahkan sebenarnya, kita sepenuhnya hidup ditengah-tengah dunia bakteri yang tidak tampak.Bakteri berasal dari kata Bakterion (yunani = batang kecil). Di dalam klasifikasi, bakteri digolongkan dalam Divisio Schizomycetes.
• Bakteri adalah organisme bersel satu yang terlalu kecil untuk dapat dilihat kecuali dengan bantuan mikroskop. Mereka berukuran micron (1/1000 mm). Seperti juga makhluk hidup lain, bakteri membutuhkan makanan, air dan suhu yang sesuai untuk hidup dan berkembang biak. Terkadang makhluk kecil ini hidup damai dengan sesamanya tetapi ada kalanya mereka terlibat peperangan antara hidup dan mati untuk memperebutkan makanan dan tempat untuk hidup. Kita tidak dapat secara langsung melihat, mendengar ataupun merasakan drama kehidupan bakteri ini, tetapi mereka mempunyai berbagai cara supaya kehadirannya dapat kita rasakan.
Ciri-ciri Umum bakteri
 Tubuh uniseluler (bersel satu)
 Tidak berklorofil (meskipun begitu ada beberapa jenis bakteri yang memiliki pigmen seperti klorofil sehingga mampu berfotosintesis dan hidupnya autotrof
 Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan Amitosis)
 Habitat: bakteri hidup dimana-mana (tanah, air, udara, mahluk hidup)
 Satuan ukuran bakteri adalah mikron (10-3)
Bentuk-bentuk Bakteri
o Kokus : bentuk bulat, monokokus, diplokokus, streptokokus, stafilokokus, sarkina
o Basil : bentuk batang, diplobasil, streptobasil
o Spiral : bentuk spiral, spirilium (spiri kasar), spirokaet (spiral halus)
o Vibrio : bentuk koma
Alat Gerak Bakteri
Beberapa bakteri mampu bergerak dengan menggunakan bulu cambuk/flagel. Berdasarkan ada tidaknya flagel dan kedudukan flagel tersebut, kita mengenal 5 macam bakteri.
1. Atrich : bakteri tidak berflagel. contoh: Escherichia coli
2. Monotrich : mempunyai satu flagel salah satu ujungnya. contoh: Vibrio cholera
3. Lopotrich : mempunyai lebih dari satu flagel pada salah satu ujungnya. contoh: Rhodospirillum rubrum
4. Ampitrich: mempunyai satu atau lebih flagel pada kedua ujungnya. contoh: Pseudomonas aeruginosa
5. Peritrich : mempunyai flagel pada seluruh permukaan tubuhnya. contoh: salmonella typhosa
Peranan Bakteri Dalam Kehidupan
1. Sebagai Mahluk Pengurai/Saprovor. Bersama-sama dengan jamur, bakteri berperan sebagai pengurai mahluk-mahluk yang sudah mati
2. Penghasil Antibiotik. Dari bakteri golongan Actinomycetes (bentuk peralihan antara bakteri dan jamur) dihasilkan bermacam-macam antibiotik. Misalnya: Streptomisin >> dari Streptomyces griseus, Kloramfemikol >> dari Streptomyces venezuelae.
3. Penghasil Bahan Pangan. - Asam cuka >> dari Acetobacter acetil - Yoghurt >> dari Lactobacillurs bulgaricus - Sari kelapa/Nata de Coco >> dari Acetobacter xylinum
4. Pengikat N2 bebas di udara :
Bersimbiosis dengan tanaman Leguminosae (tanaman buah polong)
- Rhizobium leguminosarum dan R. radicicola.
Hidup bebas : - Azotobacter, Rhodospirillum rubrum, Clostridium pasteurianum.
Merugikan Makhluk Lain
Bakteri patogen adalah bakteri parasit yang dapat menimbulkan penyakit pada organisme lain.

2. Sel Eukariotik
Sel eukarioti terdiri atas tiga komponen utama yaitu dinding sel dan selaput plasma, sitoplasma dan inti sel.
a) Dinding sel
Dinding sel dibentuk oleh protoplasma pada tahap telofase dan berfungsi untuk melindungi sel dan memberi bentuk pada sel. Protoplasma sel-sel tumbuhan dipisahkan dari dunia luar oleh dinding sel yang agak kaku yang terbuat dari selulose (polisakarida), lignin,dan suberin sehingga bersifat permeabel (dapat dilalui air dan zat-zat terlarut lainnya). Pada epidermis dinding selnya mengandung zat kitin dan lilin sehingga menyebabkan dinding sel bersifat imperbeabel.
Dinding sel tidak dimiliki oleh golongan hewan, pada golongan tumbuhan memiliki semacam saluran kecil berupa celah-celah atau noktah tempat sitoplasma dari satu sel berhubungan dengan sitoplasma sel lainnya. Hubungan ini disebut plasmodesma dan terjadi transfortasi dan komunikasi antarsel terjadi.
b) Sitoplasma
Dibawah selaput plasma terdapat suatu cairan/koloid yang disebut protoplasma. Protoplasma yang terdapat di luar inti dinamakan sitoplasma, dan di dalam dinamakan plasma inti. Pada sitoplasma terdapat struktur hidup yaitu, sebagai organoid atau organel atau protoplasmik. Sedangkan struktur tak hidup yaitu para plasma, deutoplasma atau inklusion atau dalam istilah lain disebut nonprotoplasmik.
c) Inti sel
Inti sel yang tidak membelah diantaranya berbentuk bulat, jorong, atau seperti lensa semua permukaanya diselimuti oleh sitoplasma. Inti sel merupkan organel yang sangat penting karena nukleus adalah pengendali seluruh aktivitas sel. Membran sel diselimuti oleh membran biasanya disebut membran inti, tetapi pada sel-sel bakteri dan ganggang biru bagian-bagiannya tidak diselimuti oleh membran. Bagian-bagian inti sel, yaitu :
-membran inti
-cairan inti/ nukleoplasma
-rangka inti
-dan anak inti/ nucleolus

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

MHI said...

makasih infonya :)
bermanfaat buat saya yang lagi mau ikut lomba :)
dan followed, sob

Post a Comment