RSS

BUah-buahAN BeRKhaSiAt


Beberapa buah di dunia ini sangat beraneka macam, selain memiliki bentuk, rasa, warna serta tekstur yang begitu beragam juga memiliki berbagai khasiat bagi tubuh kita loh.... apa kalian tahu itu???.... yu kita bareng-bareng membaca informasi satu ini... 

1. Buah mempesona
Coba tebak buah apa ini??? Pasti bingung kan? Buah mempesona ini memiliki warna merah, dan memiliki daging tebal... Bila dikerat, akan keluar aroma yang harum dan segar, walau ada sebagian yang beraroma tajam. . . . .buah mempesona ini namanya itu buah “ApeL” Pasti tau kan? Hehehe.... Buah apel ini mengandung kalium,pektin, dan selulosa. Terutama pada daging buah apel ini banyak mengandung pektin sedangkan pada selulosa terdapat pada kulit buah mempesona ini. Dan kalium itu tersendiri terdapat pada buah apel yang berwarna merah.
Pasti mau tahu khasiat buah mempesona ini kan.... khasiat dari buah mempesona ini yaitu :
 Mengurangi resiko stroke hingga 40 %
Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah.
 Alternatif makananan berenergi bagi para diet dan mengontrol penyakit kencing manis
Pektin dapat membentuk gel dalam usus sehingga waktu yang dibutuhkan sisa makanan untuk bergerak dari mulut ke anus menjadi lebih lama dan seseorang menjadi lebih lama merasa kenyang. Selain itu, ia juga mampu memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah sehingga dapat mengontrol penyakit kencing manis.
 Mengurangi resiko serangan jantung.
Pektin juga dapat mengikat berbagai zat, termasuk kolesterol, dan mengurangi penyerapan dari saluran usus. Bentuk serat ini dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Menurut penelitian, kadar pektin pada apel dapat menurunkan kandungan kolesterol LDL hingga 10% serta menurunkan kandungan kolesterol HDL hingga 20%, dimana keduanya merupakan penyebab serangan jantung.
 Membersihkan gigi.
Rasa renyah apel dapat membantu melepaskan bahan-bahan yang lengket di gigi, sekaligus memicu pengeluaran air liur, sehingga mampu membersihkan gigi.
2. Buah bergerigi
Buah bergerigi ini dinamakan buah “salaq”... (Salacca Edulis).....buah tropis ini yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai manisan. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida.
Tau kah kalian bagi orang yang sedang memiliki penyakit necret sebaiknya mengkonsumsi buah salak hingga 20 gram yang masih pada muda yah.... karena buah bergerigi ini diidentifikasi sebagai pengobat mencret.
3. Plum armenia
Plum armenia ini dinamakan dengan buah buah aprikot...memiliki kandungan carotenoids yang tinggi, bahkan di atas rata-rata buah yang lain. Antioksidan ini mampu membantu mencegah serangan jantung, mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan mengurangi resiko terkena kanker ganas.
Selain itu, biji aprikot berkhasiat untuk memperkuat sistem respirasi sehingga dapat mengurangi batuk dan asma. Namun perlu diketahu bahwa ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh sehingga wajib dihindari.
khasiat dan manfaat dari buah aprikot:
• Mengurangi kolesterol dan resiko terkena kanker
• Memperkuat sistem respirasi dan mengurangi resiko penyakit batuk dan asma
• Pereda diare dan konstipasi
• Membantu regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi, dan penawar dahaga
4. Buah tajam
Buah yang sangat tajam ini dinamakan dengan “Durian”. Buah durian ini memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki penyakit darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.
5. Buah dengan nama “lima’
Buah apakah ini... yaitu buah delima... hehehe
Berbagai macam minuman dari delima ini yaitu jus delima digunakan untuk berkumur terlebih dahulu sebelum diminum, dapat membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut tak sedap.
Sedangkan, memakan dengan perlahan-lahan buah delima merah dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindarkan dari kekeringan tenggorokan.
 Khasiat lainnya berasal dari kandungan zat tanin yang ada pada buah ini, dimana mereka dapat membius cacing gelang, cacing kremi, dan cacing puta dalam usus, sehingga mereka dapat ikut keluar melalui feses pada saat buang air besar.
6. Buah blewah
Buah blewah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bagi orang yang menjalankan puasa. Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana.
Khasiat blewah yaitu
 Blewah juga baik untuk mengusir asam urat
 memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan penderita diabetes serta obesitas.

 Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik.
 Buah blewah juga kaya akan vitamin C dan vitamin B6.
 Selain itu, gula alami dan enzim yang terkandung di dalamnya mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa. Sedangkan, kandungan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.
7. Belimbing
Belimbing ini mempunyai khasiat beragam, namun untuk yang mempunyai penyakit MAAgh agar tidak mengkonsumsinya,,,, khasiatnya yaitu :
1. Sakit Gondongan
2. Obat Batuk
3. Diabetes
4. Rematik
5. Sariawan.
6. Sakit Gigi
8. mentimun
1. Untuk pengobatan tekanan darah tinggi, parut buah mentimun dan peras airnya, kemudian diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.
2. Untuk pengobatan sariawan, makanlah 9 buah mentimun setiap hari secara rutin.
3. Untuk membersihkan ginjal, parut buah mentimun dan peras airnya. Minum sedikit demi sedikit hingga lambung terbiasa menerima cairan mentimun. Lakukan secara rutin..
4. Untuk demam, parut buah mentimun dan letakkan hasil parutannya di atas perut.
5. Untuk jerawat, cuci dan iris kecil-kecil buah mentimun, lalu letakkan irisannya di atas bagian wajah yang berjerawat.
9. aLpUKat

khasiat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita:
• Sumber vitamin E dan B
• Menurunkan kolesterol darah
• Melembabkan kulit
• Membantu regenerasi darah merah
• Mencegah anemia
• Mencegah konstipasi
• Mencegah malnutrisi
• Sumber kandungan lemak tak jenuh

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

akangbandung said...

wah... selain nampak lezat buah-buahya infonya pun sangat mengandung wawasan..

Amy said...

info yang bagus buat kesehatan ^_^

PINKZ COKOLATE BLOG said...

makasih atas komntarnya....
:-)

edi kurniawan said...

wah jadi laper nih cayank heheheh
mau donk ak buah nya hehehe

Post a Comment