RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Negeri 18
Bandung
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X
(Sepuluh) / 2
Alokasi
Waktu : 2 X 40 menit (2 jam pelajaran)
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
II.
Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya
bagi kehidupan
III.
Indikator
Kognitif
·
Meyebutkan ciri-ciri umum mollusca
·
Menunjukan bagian dari struktur tubuh
mollusca
·
Menyebutkan
cara hidup mollusca
·
Menuliskan
habitat mollusca
·
Menjelaskan klasifikasi mollusca
·
Menjelaskan cara reproduksi mollusca
·
Menyebutkan contoh peran
anggota mollusca dalam kehidupan manusia
Psikomotor
·
Mengamati
struktur tubuh mollusca melalui gambar dan awetan basah mollusca
Afektif
·
Karakter
1.
Menunjukan perilaku berkarakter
teliti dalam menjawab pertanyaan
2.
Menunjukan perilaku berkarakter
jujur dalam kehidupan sehari- hari terutama saat di dalam kelas
3.
Menunjukan perilaku berkarakter
tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan dan di bicarakannya
4.
Dapat bekerja sama dengan
terbuka dan menghargai pendapat teman
5.
Peduli lingkungan sekitar
6.
Gemar membaca
7.
Rasa ingin tahu
8.
Aktif
9.
Disiplin, sopan, santun
10.
Terampil dalam meneliti mollusca
·
Keterampilan sosial
1.
Bertanya dengan sopan
2.
Menyumbangkan ide
3.
Berkomunikasi dengan santun
Menjadi pendengar yang baik dan tidak mencela pendapat teman yang
lain
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Dengan mandiri
dan teliti siswa dapat meyebutkan ciri-ciri mollusca
setelah berdiskusi
·
Melalui diskusi siswa mampu menunjukkan bagian dari struktur
tubuh mollusca dengan aktif
, percaya diri
dan kreatif
·
Secara mandiri
dan aktif siswa mampu menyebutkan cara hidup mollusca
·
Secara mandiri
dan aktif siswa mampu menuliskan habitat mollusca
·
Melalui diskusi siswa mampu menjelaskan klasifikasi mollusca dengan teliti dan aktif
·
Siswa dengan
penuh percaya
diri dapat menjelaskan cara reproduksi mollusca
·
Siswa dengan mandiri dan
aktif
dapat menyebutkan
peran anggota mollusca dalam kehidupan manusia
V.
Materi Ajar
1. CIRI-CIRI
a) Bentuk tubuh simetris bilateral, lunak
tidak bersegmen, dan banyak diantaranya yang memiliki cangkang di bagian luar
tubuhnya.
b) Peredaran darah umumnya terbuka, kecuali cephalopoda.
c) Respirasi dilakukan dengan menggunakan
insang atau paru-paru mantel, atau bagian epidermis.
d) Eksresi dilakukan oleh ginjal.
e) Alat reproduksi terpisah dan bersatu
f) Cangkang kerang terdiri dari 3 lapis (dari luar- dalam) :
Periostrakum (lapisan tanduk), untuk melindungi
lapisan yang ada di dalamnya
Prismatik (lapisan tengah) terdiri atas kristal-
kristal kalsium karbonat yang berbentuk prisma
Nakreas (lapisan mutiara) tersusun atas
kristal-kristal-kristal kalsium karbonat, bila terkena sinar memancarkan keragaman warna.
Klasifikasi Mollusca dibagi
menjadi 5 kelas, yaitu:
a. Kelas Polyplachophora
b. Kelas Scapopoda
c. Kelas
Pelecypoda/Bivalvia/Lamellibranchiata
d. Kelas Gastropoda
e. Kelas Cephalophoda
2. REPRODUKSI MOLLUSCA
Secara sexsual
3. PERANAN MOLLUSCA
Menguntungkan :
¬ Sumber makanan
¬ Cangkang beberapa Mollusca dapat dibuat kancing baju dan industri
¬ Zat tinta banyak digunakan dalam pembuatan
kertas fotografi.
¬ Penghasil mutiara Pinctada sp.,
serta Margaritifera maxima
Merugikan :
¬
Menjadi inang perantara beberapa penyakit
¬
Hama/perusak
VI.
Sumber / media pembelajaran
·
Komputer/Laptop
·
LCD
·
Papan tulis
·
Bahan presentasi / Power point
·
Internet
·
LKS
·
Gambar/awetan contoh hewan mollusca
·
Video hewan
mollusca
·
Lingkungan sekitar
·
Buku Biologi 1 untuk SMA dan MA., Diah Aryulina dkk. 2010. Esis.
·
Buku Biologi untuk SMA kelas X. Istamar Syamsuri, dkk. 2007. Erlangga.
·
Buku Saku Biologi SMA kelas
1,2, dan 3 Dwisang E.2012.Karisma.
·
Buku lain yang relevan
VII. Model Pembelajaran
Model : Tanya jawab
Strategi : Cooperatve Script (pembicara dan pendengar)
Pendekatan : Konseptual
Teknik : Diskusi berkelompok
VIII. Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal ( 10
menit)
Orientasi :
·
Guru memasuki ruang kelas dan mengucapkan
salam
·
Mengawali kegiatan belajar
dengan mengajak kepada peserta didik untuk berdo’a terlebih dahulu yang
dipimpin oleh ketua murid (Religius)
·
Guru mendata kehadiran siswa. ( Disiplin )
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran ( Menghargai Prestasi )
Apersepsi
Guru
memperlihatkan gambar contoh dari mollusca dan bertanya
“apakah kalian pernah melihat hewan ini?” dan untuk lebih
menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa guru memutarkan video dari mollusca.
B. Kegiatan inti ( 70 menit
)
Eksplorasi
·
Guru membagi siswa ke dalam
kelompok kecil untuk berdiskusi dan menjawab soal latihan yang akan diberikan
oleh guru (mencari
informasi)
·
Siswa
mengerjakan LKS yang guru berikan dengan teliti dan cermat (Gemar Membaca)
·
Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan siswa untuk menuliskan hasil pencarian informasi dalam menjawab
soal latihan pada kolom jawaban yang
sudah disediakan dipapan tulis (menghargai prestasi dan keaktifan siswa)
Elaborasi
·
Guru memantau
dan membahas jawaban bersama siswa lain dari perwakilan siswa dalam mengisi
soal yang di kerjakan (Menghargai prestas)
·
Guru
menjelaskan ciri-ciri mollusca bersama siswa dengan teliti
dan aktif
·
Guru dan
siswa menunjukkan
struktur tubuh mollusca dengan aktif , percaya diri dan kreatif
·
Siswa dan guru
menjelaskan cara hidup mollusca dengan aktif
·
Siswa dibantu
guru menuliskan habitat mollusca dengan aktif
·
Melalui diskusi guru bersama siswa
menjelaskan dengan teliti
dan aktif klasifikasi mollusca
·
Guru dan siswa
dengan penuh percaya
diri menjelaskan cara reproduksi mollusca
·
Siswa bersama
guru dengan mandiri
dan aktif
menyebutkan
peran anggota mollusca dalam kehidupan manusia
Konfirmasi
·
Guru mengajukan
beberapa pertanyaan kepada siswa berdasarkan materi yang telah disampaikan dengan cara kuis “tanya jawab”(Menghargai prestasi) siswa yang
dapat menjawab di beri 1 point
·
Siswa
secara aktif menyimpulkan apa saja yang di
pelajari sambil mengulas pembelajaran. (menghargai prestasi)
·
Guru menyampaikan tugas untuk
pertemuan berikutnya (Menghargai prestasi)
IX.
Penilaian
1.
Instrumen penilaian
·
Penilaian
Sikap siswa (afektif)
·
LKS Per- Kelompok
Skor berdasarkan ketepatan isi dan kerapihan
A=
sangat baik (86-100) B= baik (75-85)
C=
cukup (66-74) D= kurang (<65)
·
Games tanya
jawab
Menggunakan Point
·
Instrumen
soal Evaluasi
1. Sebutkan 3
ciri-ciri mollusca
•
Tubuh lunak
tidak bersegmen
•
Tubuh ditutup cangkang yang keras terbuat dari zat kapur
•
Memiliki alat
gerak
•
Tubuhnya simetris bilateral
•
Berkembangbiak secara seksual dengan cara
pembuahan di dalam tubuh
2.
1
|
3
|
2
|
3. Sebutkan 5 klasifikasi dari mollusca
a. gastropoda d.
amphineura
b.pelecypoda e. scaphopoda
c.cephalopoda
b.pelecypoda e. scaphopoda
c.cephalopoda
4. Bagaimana cara hidup dan
habitat dari mollusca
Cara hidup & habitat
• Mollusca memiliki habitat kosmopolit(di air laut, air tawar dan daratan)
• Heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan,
dan mollusca lain
5.Apakah peranan mollusca bagi kehidupan
Ø
Menguntungkan :
¬
Sumber makanan
¬
Cangkang beberapa Mollusca dapat dibuat
kancing baju
dan industri
¬ Zat tinta banyak digunakan dalam pembuatan
kertas fotografi.
¬ Penghasil mutiara Pinctada sp.,
serta Margaritifera sp.
Ø
Merugikan :
¬
Menjadi inang perantara beberapa penyakit
¬
Hama/perusak
·
Instrumen
soal acak kata
No.
|
Indikator Soal
|
Soal
|
Jawaban
|
Jenjang
|
1
|
Menyebutkan ciri khas pada filum Mollusca
|
Filum dalam kingdom Animalia
yang memiliki ciri khas tubuhnya lunak dan kebanyakan bercangkang adalah
termasuk...
a.
Coelenterata
b.
Platyhelminthes
c.
Nemathelminthes
d.
Annelida
e.
Mollusca
|
E
|
C1
|
2
|
Menyebutkan kelas anggota Mollusca
|
Berikut yang tidak termasuk kedalam filum Mollusca
adalah kelas...
a.
Gastropoda
b.
Bivalvia
c.
Scaphopoda
d.
Oligochaeta
e.
Cephalopoda
|
D
|
C1
|
3
|
Menyebutkan kelas pada Mollusca yang alat
pergerakannya pada kepala
|
Mollusca yang memiliki alat gerak di bagian kepala
yaitu kelompok...
a.
Gastropoda
b.
Bivalvia
c.
Scaphopoda
d.
Polyplacophora
e.
Cephalopoda
|
E
|
C1
|
4
|
Menyebutkan fungsi antena pada Mollusca
|
Pada bagian kepala siput terdapat dua
pasang antena. Fungsi dari kedua pasang antena tersebut yaitu...
a.
Penglihat dan peraba
b.
Peraba dan pembau
c.
Penglihat dan penangkap
mangsa
d.
Peraba dan penangkap mangsa
e.
Pembau dan penangkap mangsa
|
A
|
C1
|
5
|
Menyebutkan kelas pada Mollusca yang jenis
kelaminnya terpisah
|
Mollusca yang mempunyai jenis
kelamin terpisah yaitu...
a.
Polyplacophora
dan Cephalopoda
b.
Gastropoda dan Bivalvia
c.
Bivalvia
dan Cephalopoda
d.
Cephalopoda
dan Gastropoda
e. Gastropoda saja
|
A
|
C1
|
Dosen Luar Biasa
Mata Pelajaran
Biologi,
|
Bandung, 24 April 2013
Guru Praktikan PPL,
|
Adriani
Widi Nugroho,S.Pd.
NIP.
196703161990022002
|
Nita
Mustika
NPM.
095040113
|
Sikap
dan Nilai
|
Keterangan
|
||
Sangat
baik
|
Baik
|
Tidak
baik
|
|
Memperhatikan
penjelasan guru.
|
|||
Memperhatikan
media pembelajaran.
|
|||
Menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru.
|
|||
Memperhatikan
fenomena yang terjadi pada saat pengamatan
|
|||
Mengikuti
pengamatan dengan sungguh-sungguh.
|
|||
Serius
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|||
Kerjasama
dalam kegiatan pengamatan kelompok.
|
|||
Diskusi
dalam kelompok berjalan secara efektif dan kondusif.
|
|||
Mampu
menyimpulkan hasil pembelajaran.
|
|||
Mampu
menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah
dilakukan.
|
|||
Mengomentari
gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna.
|
|||
Mengungkapkan
gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada.
|
Keterangan :
Sangat Baik ( skor 2)
Baik (
skor 1 )
Tidak Baik (
skor 0 )
0 comments:
Post a Comment