RSS

Mollusca

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                      (RPP)
Nama Sekolah                 :           SMA Negeri   18 Bandung
Mata Pelajaran               :           Biologi
Kelas/ Semester               :           X  (Sepuluh)  /  2
Alokasi Waktu                :           2 X 40 menit (2 jam pelajaran)
 

I.          Standar Kompetensi
       3.  Memahami manfaat keanekaragaman hayati
II.       Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan
III.        Indikator
Kognitif
·         Meyebutkan ciri-ciri umum mollusca
·         Menunjukan bagian dari struktur tubuh mollusca
·         Menyebutkan cara hidup mollusca
·         Menuliskan habitat mollusca
·         Menjelaskan klasifikasi mollusca
·         Menjelaskan cara reproduksi mollusca
·         Menyebutkan contoh peran anggota mollusca dalam kehidupan manusia
Psikomotor
·           Mengamati struktur tubuh mollusca melalui gambar dan awetan basah mollusca
Afektif
·         Karakter
1.      Menunjukan perilaku berkarakter teliti dalam menjawab pertanyaan
2.      Menunjukan perilaku berkarakter jujur dalam kehidupan sehari- hari terutama saat di dalam kelas
3.      Menunjukan perilaku berkarakter tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan dan di bicarakannya
4.      Dapat bekerja sama dengan terbuka dan menghargai pendapat teman
5.       Peduli lingkungan sekitar
6.      Gemar membaca
7.      Rasa ingin tahu
8.      Aktif
9.      Disiplin, sopan, santun
10.    Terampil dalam meneliti mollusca
·         Keterampilan sosial
1.      Bertanya dengan sopan
2.      Menyumbangkan ide
3.      Berkomunikasi dengan santun
Menjadi pendengar yang baik dan tidak mencela pendapat teman yang lain
IV.       Tujuan Pembelajaran
·           Dengan mandiri dan teliti siswa dapat meyebutkan ciri-ciri mollusca setelah berdiskusi
·           Melalui diskusi siswa mampu menunjukkan bagian dari struktur tubuh mollusca dengan aktif , percaya diri dan kreatif
·           Secara mandiri dan aktif siswa mampu menyebutkan cara hidup mollusca
·           Secara mandiri dan aktif siswa mampu menuliskan habitat mollusca
·           Melalui diskusi siswa mampu menjelaskan klasifikasi mollusca dengan teliti dan  aktif 
·           Siswa dengan penuh percaya diri dapat menjelaskan cara reproduksi mollusca
·           Siswa dengan mandiri dan aktif dapat menyebutkan  peran anggota mollusca dalam kehidupan manusia
V.           Materi Ajar
1.      CIRI-CIRI
a)      Bentuk tubuh simetris bilateral, lunak tidak bersegmen, dan banyak diantaranya yang memiliki cangkang di bagian luar tubuhnya.
b)      Peredaran darah umumnya terbuka, kecuali cephalopoda.
c)      Respirasi dilakukan dengan menggunakan insang atau paru-paru mantel, atau bagian epidermis.
d)     Eksresi dilakukan oleh ginjal.
e)      Alat reproduksi terpisah dan bersatu
f)       Cangkang kerang terdiri dari 3 lapis (dari luar- dalam) :
Œ Periostrakum (lapisan tanduk), untuk melindungi lapisan yang ada di dalamnya
 Prismatik (lapisan tengah) terdiri atas kristal- kristal kalsium karbonat yang berbentuk prisma
Ž Nakreas (lapisan mutiara) tersusun atas kristal-kristal-kristal kalsium karbonat, bila terkena             sinar memancarkan keragaman warna.
                        Klasifikasi Mollusca dibagi menjadi 5 kelas, yaitu:
a.       Kelas Polyplachophora
b.      Kelas Scapopoda
c.       Kelas Pelecypoda/Bivalvia/Lamellibranchiata
d.      Kelas Gastropoda
e.       Kelas Cephalophoda
2.      REPRODUKSI MOLLUSCA
Secara sexsual
3.      PERANAN MOLLUSCA
*      Menguntungkan :
            ¬ Sumber makanan
            ¬ Cangkang beberapa Mollusca dapat dibuat   kancing baju dan industri
¬ Zat tinta banyak digunakan dalam pembuatan kertas fotografi.
¬ Penghasil mutiara Pinctada sp., serta  Margaritifera maxima
*      Merugikan :
¬ Menjadi inang perantara beberapa penyakit
¬ Hama/perusak
VI.        Sumber / media pembelajaran
·         Komputer/Laptop
·         LCD
·         Papan tulis
·         Bahan presentasi / Power point
·         Internet
·         LKS
·         Gambar/awetan contoh hewan mollusca
·         Video hewan mollusca
·         Lingkungan sekitar
·         Buku Biologi 1 untuk SMA dan MA., Diah Aryulina dkk. 2010. Esis.
·         Buku Biologi untuk SMA kelas X. Istamar Syamsuri, dkk. 2007. Erlangga.
·         Buku Saku Biologi SMA kelas 1,2, dan 3 Dwisang E.2012.Karisma.
·         Buku lain yang relevan
VII.     Model Pembelajaran
Model                    : Tanya jawab
Strategi                  : Cooperatve Script (pembicara dan pendengar)
Pendekatan           : Konseptual
Teknik                   : Diskusi berkelompok
VIII.  Kegiatan Pembelajaran
A.  Kegiatan awal ( 10 menit)
Orientasi   :
·         Guru memasuki ruang kelas dan mengucapkan salam
·         Mengawali kegiatan belajar dengan mengajak kepada peserta didik untuk berdo’a terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua murid (Religius)
·         Guru mendata kehadiran siswa. ( Disiplin )
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran ( Menghargai Prestasi )
Apersepsi
Guru memperlihatkan gambar contoh dari mollusca dan bertanya “apakah kalian pernah melihat hewan ini?” dan untuk lebih menumbuhkan rasa ingin tahu siswa guru memutarkan video dari mollusca.
B.  Kegiatan inti  ( 70 menit )
Eksplorasi
·         Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk berdiskusi dan menjawab soal latihan yang akan diberikan oleh guru (mencari informasi)
·         Siswa mengerjakan LKS yang guru berikan dengan teliti dan cermat (Gemar Membaca)
·         Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan siswa untuk menuliskan hasil pencarian informasi dalam menjawab soal latihan pada kolom jawaban yang sudah disediakan dipapan tulis (menghargai prestasi dan keaktifan siswa)
Elaborasi
·           Guru memantau dan membahas jawaban bersama siswa lain dari perwakilan siswa dalam mengisi soal yang di kerjakan (Menghargai prestas)
·           Guru menjelaskan ciri-ciri mollusca bersama siswa dengan teliti dan aktif
·           Guru dan siswa menunjukkan struktur tubuh mollusca dengan aktif , percaya diri dan kreatif
·           Siswa dan guru menjelaskan cara hidup mollusca dengan aktif
·           Siswa dibantu guru menuliskan habitat mollusca dengan aktif
·           Melalui diskusi guru bersama siswa menjelaskan dengan teliti dan  aktif  klasifikasi mollusca
·           Guru dan siswa dengan penuh percaya diri menjelaskan cara reproduksi mollusca
·           Siswa bersama guru dengan mandiri dan aktif menyebutkan  peran anggota mollusca dalam kehidupan manusia
Konfirmasi
·         Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa berdasarkan materi yang telah disampaikan dengan cara kuis “tanya jawab”(Menghargai prestasi) siswa yang dapat menjawab di beri 1 point
·         Siswa secara aktif menyimpulkan apa saja yang di pelajari sambil mengulas pembelajaran. (menghargai prestasi)
·         Guru menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya (Menghargai prestasi)
IX.        Penilaian
1.      Instrumen penilaian
·          Penilaian Sikap siswa (afektif)
·          LKS Per- Kelompok
Skor berdasarkan ketepatan isi dan kerapihan
A= sangat baik         (86-100)          B= baik                       (75-85)
C= cukup                 (66-74)                        D= kurang                   (<65)
·         Games tanya jawab
Menggunakan Point
·         Instrumen soal Evaluasi
1.    Sebutkan 3 ciri-ciri mollusca
         Tubuh lunak tidak bersegmen
         Tubuh ditutup cangkang yang keras terbuat dari zat kapur
         Memiliki alat gerak
         Tubuhnya simetris bilateral
         Berkembangbiak secara seksual dengan cara pembuahan di dalam tubuh
2.

1

3

2

3. Sebutkan 5 klasifikasi dari mollusca
            a. gastropoda   d. amphineura
            b.pelecypoda   e. scaphopoda
            c.cephalopoda
4. Bagaimana cara hidup dan habitat dari mollusca
Cara hidup & habitat
      Mollusca memiliki habitat kosmopolit(di air laut, air tawar dan daratan)
      Heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan, dan mollusca lain
5.Apakah peranan mollusca bagi kehidupan
Ø  Menguntungkan :
            ¬ Sumber makanan
            ¬ Cangkang beberapa Mollusca dapat dibuat
                kancing baju dan industri
            ¬ Zat tinta banyak digunakan dalam pembuatan
                kertas fotografi.
            ¬ Penghasil mutiara Pinctada sp., serta Margaritifera sp.
               
Ø  Merugikan :
            ¬ Menjadi inang perantara beberapa penyakit
            ¬ Hama/perusak
·         Instrumen soal acak kata
No.
Indikator Soal
Soal
Jawaban
Jenjang
1
Menyebutkan ciri khas pada filum Mollusca
Filum dalam kingdom Animalia yang memiliki ciri khas tubuhnya lunak dan kebanyakan bercangkang adalah termasuk...
a.      Coelenterata
b.     Platyhelminthes
c.      Nemathelminthes
d.     Annelida
e.      Mollusca
E
C1
2
Menyebutkan kelas anggota Mollusca
Berikut yang tidak termasuk kedalam filum Mollusca adalah kelas...
a.    Gastropoda
b.    Bivalvia
c.    Scaphopoda
d.   Oligochaeta
e.    Cephalopoda
D
C1
3
Menyebutkan kelas pada Mollusca yang alat pergerakannya pada kepala
Mollusca yang memiliki alat gerak di bagian kepala yaitu kelompok...
a.    Gastropoda
b.    Bivalvia
c.    Scaphopoda
d.   Polyplacophora
e.    Cephalopoda
E
C1
4
Menyebutkan fungsi antena pada Mollusca
Pada bagian kepala siput terdapat dua pasang antena. Fungsi dari kedua pasang antena tersebut yaitu...
a.    Penglihat dan peraba
b.    Peraba dan pembau
c.    Penglihat dan penangkap mangsa
d.   Peraba dan penangkap mangsa
e.    Pembau dan penangkap mangsa
A
C1
5
Menyebutkan kelas pada Mollusca yang jenis kelaminnya terpisah
Mollusca yang mempunyai jenis kelamin terpisah yaitu...
a.    Polyplacophora dan Cephalopoda
b.     Gastropoda dan Bivalvia
c.    Bivalvia dan Cephalopoda
d.   Cephalopoda dan Gastropoda
e.    Gastropoda saja
A
C1






Dosen Luar Biasa
Mata Pelajaran Biologi,



Bandung, 24 April 2013

Guru Praktikan PPL,



Adriani Widi Nugroho,S.Pd.
NIP. 196703161990022002
Nita Mustika
NPM. 095040113




Sikap dan Nilai
Keterangan
Sangat baik
Baik
Tidak baik
Memperhatikan penjelasan guru.



Memperhatikan media pembelajaran.



Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.



Memperhatikan fenomena yang terjadi pada saat pengamatan



Mengikuti pengamatan dengan sungguh-sungguh.



Serius dalam mengikuti pembelajaran.



Kerjasama dalam kegiatan pengamatan kelompok.



Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif dan kondusif.



Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran.



Mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah   dilakukan.



Mengomentari gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna.



Mengungkapkan gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada.




Keterangan           :  Sangat Baik ( skor 2)
                                Baik              ( skor 1 )
                                Tidak Baik   ( skor 0 )








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment