RSS

PLANTAE LUMUT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Nama Sekolah            :    SMA Negeri 18 Bandung
                                    Mata Pelajaran            :    Biologi
                                    Kelas/Semester           :    X/2
                                    Jumlah Pertemuan      :    2  x  40 menit  (2  jam pelajaran)
 

A.    Standar Kompetensi
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

B.     Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

C.    Indikator
Kognitif :
1.    Menyebutkan ciri ciri umum Plantae
2.    Menuliskan klasifikasi umum Plantae
3.    Menyebutkan ciri-ciri Lumut
4.    Menggambarkan struktur tubuh Lumut
5.    Menjelaskan cara hidup Lumut
6.    Menyebutkan habitat Lumut
7.    Menjelaskan cara  reproduksi Lumut
8.    Menjelaskan klasifikasi Lumut
9.    Menuliskan manfaat Lumut bagi kehidupan
Psikomotor :
1.      Mengamati tumbuhan lumut
2.      Membedakan macam-macam lumut
Afektif :
1.      Menunjukan perilaku berkarakter Teliti dalam menjawab pertanyaan
2.      Menunjukan perilaku berkarakter jujur dalam kehidupan sehari- hari terutama saat di dalam kelas
3.      Menunjukan perilaku berkarakter peduli terrhadap lingkungan di kelas,sekolah maupun lingkungan sekitar rumah
4.      Menunjukan perilaku berkarakter tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan dan di bicarakannya
5.      Dapat bekerja sama dengan terbuka dan menghargai pendapat teman
6.       Peduli lingkungan sekitar
7.      Gemar membaca
8.      Rasa ingin tahu
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan pencarian informasi secara mandiri dan  aktif  di berbagai sumber siswa mampu menyebutkan ciri ciri umum Plantae
2.      Siswa dengan teliti dan rasa ingintahu mampu menuliskan klasifikasi umum Plantae
3.    Setelah melakukan pengamatan tumbuhan lumut, siswa secara mandiri dan  aktif mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan Lumut
4.    Setelah melakukan pengamatan dan pencarian informasi siswa secara mandiri dan  teliti  mampu menggambarkan bagian-bagian struktur tubuh Lumut
5.    Dengan teliti dan bertanggungjawab siswa mampu menjelaskan cara hidup Lumut setelah melakukan diskusi
6.    Secara mandiri dan aktif siswa mampu menyebutkan habitat Lumut setelah melakukan pencarian informasi di berbagai sumber
7.    Dengan aktif dan bertanggungjawab siswa mampu menjelaskan kembali cara reproduksi tumbuhan lumut setelah melihat video reproduksi tumbuhan lumut
8.    Melalui diskusi siswa  mampu menjelaskan klasifikasi Lumut dengan teliti dan mandiri
9.    Dengan mandiri dan peduli lingkungan siswa mampu menuliskan manfaat Lumut bagi kehidupan

E.      Materi Pembelajaran
    1. Ciri umum plantae
1.                     Hampir semua tumbuhan memiliki klorofil
2.                     Bersifat eukariotik dengan dinding sel yang yang dilapisi oleh selulasa
3.                     Autotrof
4.                     Multiseluler
5.                     Berfotosintesis
6.                     Tumbuhan dibedakan dari ada tidaknya jaringan pembuluh
    1. Klasifikasi plantae
    1. Ciri umum lumut
1.         Berfotosintesis, multiseluler dan eukariotik
2.          Tak memiliki akar, batang dan daun sejati (talus)
3.         Mengalami pergiliran keturunan (dari gametofit – sporofit)
4.          Reproduksi seksual dan aseksual (spora)
5.          Lumut berukuran rata-rata 1 - 2 cm.
6.          Bentuk tubuh yang sederhana berupa thalus (lembaran).

    1. Struktur tubuh lumut
    1. Cara hidup dan habitat lumut
1.                  Fotoautotrof
2.                  Difusi , osmosis
    1. Reproduksi lumut
Melalui cara metagenesis (pergiliran keturunan)

g.      Klasifikasi tumb. Lumut
1.              Lumut daun (musci)
2.              Lumut hati (hepaticeae)
3.              Lumut tanduk (anthocerotaceae)
h.      Manfaat lumut  bagi manusia
1.              Sebagai bahan untuk obat
2.              Dapat menjadi pengganti kapas
3.              Dapat dijadikan bahan bakar dll.

F.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Tanya jawab
§  Pengamatan

G.     Model Pembelajaran
Model                    : make-a match (mencari jodoh)
Strategi                  : Cooperatve Script (pembicara dan pendengar)
Pendekatan           : Konseptual
Teknik                   : Diskusi berkelompok

H.     Sumber / Media Pembelajaran
§  Buku Biologi 1 untuk SMA dan MA., Diah Aryulina dkk. 2010. Esis.
§  Buku Biologi untuk SMA kelas X. Istamar Syamsuri, dkk. 2007. Erlangga.
§  Lembar Kerja Siswa
§  Buku Saku Biologi SMA kelas 1,2, dan 3 Dwisang E.2012.Karisma.
§  Buku lain yang relevan
§  Video reproduksi Lumut
·     komputer
·     infokuc
·     Papan tulis
·     Bahan presentasi / Power point
§  Internet
§  Lingkungan sekitar
I.       Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (waktu 5 menit)
Orientasi    :
§ Guru berdo’a kemudian mengucapkan salam untuk mengawali kegiatan belajar mengajar (Religius)
§ Guru mengkondisikan siswa untuk tertib dan siap menerima pelajaran serta menyiapkan infokus
§ Guru mengabsen siswa
Apersepsi  :
Guru mengajukan pertanyaan perbedaan antara tanaman dan tumbuhan kepada siswa “apa bedanya tumbuhan dan tanaman?” tumbuhan dan tanaman apa saja yang kalian lihat di lingkungan sekitar ? (Gemar membaca) . Guru membuat rasa ingin tahu siswa timbul.
B.     Kegiatan Inti (waktu 70 menit)
Eksplorasi     :
§  Secara mandiri dan  aktif  siswa bersama guru menyebutkan ciri umum Plantae
§  Guru menuliskan klasifikasi Kingdom Plantae  (menimbulkan rasa ingintahu)
§  Guru memberikan peta konsep mengenai kingdom plantae. Agar menimbulkan rasa ingin tahu siswa timbul.
§  Guru menugaskan siswa untuk membuat kelompok kecil yang terdiri dari 2 (dua orang ) , kemudian guru membagikan lks  kepada setiap kelompok,  agar siswa mencari tahu tentang materi yang akan di ajarkan dengan berdiskusi. (Gemar membaca)
 Elaborasi      :
§  Secara mandiri dan  aktif siswa bersama guru menyebutkan ciri-ciri Lumut
§  Siswa secara mandiri dan  teliti menggambarkan bagian-bagian struktur tubuh Lumut dengan pengamatan
§  Dengan teliti dan bertanggungjawab siswa menjelaskan cara hidup Lumut dengan berdiskusi bersama guru
§  Secara mandiri dan aktif siswa bersama guru menyebutkan habitat Lumut
§  Guru menampilkan video reproduksi Lumut, dengan aktif dan bertanggungjawab siswa mampu menjelaskan cara reproduksi Lumut
§  Siswa bersama guru berdiskusi dengan teliti dan mandiri siswa menjelaskan klasifikasi Lumut
§  Guru bersama siswa menuliskan manfaat Lumut bagi kehidupan sehingga siswa peduli lingkungan sekitar
Konfirmasi   :
·         Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa berdasarkan materi yang telah disampaikan (Menghargai prestasi)
·         Guru mengadakan kuis “make-a match (mencari jodoh)” untuk melihat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. (mandiri dan komunikatif)

C.    Kegiatan Akhir (waktu 5 menit)
Evaluasi     :
§ Siswa secara mandiri menyimpulkan apa saja yang di pelajari sambil mengulas pembelajaran. (menghargai prestasi)
§ Guru memberikan tes evaluasi tertulis sebanyak 5 soal essay
§ Guru menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya

J.        Penilaian
1.      Instrumen penilaian
a.        Sikap siswa (afektif)
b.        LKS (Lembar Kerja Siswa : 7 Soal )
c.        Kuis “make-a match (mencari jodoh)”
d.       Soal EvaluasiTertulis (Soal Essay : 5 soal )
e.        Tugas

2.      Pedoman penilaian
a.       Penilaian aspek afektif

     PENILAIAN ASPEK AFEKTIF
Tujuan                     : Mengukur sikap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Nama siswa            :
Kelas                      :
Sikap dan Nilai
Keterangan
Sangat baik
Baik
Tidak baik
Memperhatikan penjelasan guru.



Memperhatikan media pembelajaran.



Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.



Memperhatikan fenomena yang terjadi pada saat pengamatan



Mengikuti pengamatan dengan sungguh-sungguh.



Serius dalam mengikuti pembelajaran.



Kerjasama dalam kegiatan pengamatan kelompok.



Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif dan kondusif.



Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran.



Mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah   dilakukan.



Mengomentari gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna.



Mengungkapkan gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada.



Keterangan :  Sangat baik (2), Baik (1),  Tidak Baik (0)

b.      LKS : bobot nilai per soal
No 1 = 15          No 3 = 15        No 5 = 15        No 7 = 10
No 2 = 15          No 4 = 15        No 6 = 15

c.       Kuis “make-a match (mencari jodoh)”
Menggunakan skor : 100 point bagi penjawab tercepat
d.      Bobot nilai per soal : essay = skor 1
Nilai: Skor yang didapat siswa x 100
Jumlah soal essay
e.       Bobot atau analisis hasil
A= sangat baik               (86-100)
B= baik                          (75-85)
C= cukup                       (66-74)
D= kurang                      (<65)

3.      Instrumen Soal Uji Kompetensi Tertulis

1)      Tuliskan 2 ciri-ciri tumbuhan lumut !
2)      Sebutkan 3 bagian-bagianstruktur tumbuhan lumut !
3)      Sebutkan 3 divisi/klasifikasi tumbuhan lumut !
4)      Bagaimana cara hidup lumut !
5)      Lengkapi daur hidup lumut berikut !

b
 

a
 






Dosen Luar Biasa
Mata Pelajaran Biologi,



Bandung, 23Januari  2013

Guru Praktikan,



Adriani Widi Nugroho,S.Pd.
NIP. 196703161990022002
Nita Mustika
NPM. 095040113

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment