RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : SMA
Negeri 18 Bandung
Mata
Pelajaran : Biologi
Jumlah
Pertemuan : 2 x 40
menit (2
jam pelajaran)
A. Standar Kompetensi
3. Memahami manfaat
keanekaragaman hayati
B. Kompetensi Dasar
3.3
Mendeskripsikan ciri-ciri
divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
C. Indikator
Kognitif
:
1.
Menyebutkan ciri ciri
umum Plantae
2.
Menuliskan klasifikasi
umum Plantae
3.
Menyebutkan ciri-ciri
Lumut
4.
Menggambarkan struktur tubuh Lumut
5.
Menjelaskan cara hidup
Lumut
6.
Menyebutkan habitat
Lumut
7.
Menjelaskan cara reproduksi Lumut
8.
Menjelaskan klasifikasi
Lumut
9.
Menuliskan manfaat
Lumut bagi kehidupan
Psikomotor
:
1.
Mengamati tumbuhan
lumut
2.
Membedakan macam-macam
lumut
Afektif :
1.
Menunjukan perilaku
berkarakter Teliti dalam menjawab pertanyaan
2.
Menunjukan perilaku
berkarakter jujur dalam kehidupan sehari- hari terutama saat di dalam kelas
3.
Menunjukan perilaku
berkarakter peduli terrhadap lingkungan di kelas,sekolah maupun lingkungan sekitar
rumah
4.
Menunjukan perilaku
berkarakter tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan dan di bicarakannya
5.
Dapat bekerja sama dengan terbuka
dan menghargai pendapat teman
6.
Peduli lingkungan sekitar
7.
Gemar membaca
8.
Rasa ingin tahu
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan pencarian informasi secara mandiri dan aktif di berbagai sumber
siswa mampu menyebutkan ciri ciri umum Plantae
2.
Siswa dengan teliti dan rasa ingintahu mampu menuliskan
klasifikasi umum Plantae
3.
Setelah melakukan pengamatan tumbuhan
lumut, siswa secara mandiri dan aktif mampu
menyebutkan ciri-ciri tumbuhan Lumut
4.
Setelah melakukan pengamatan dan pencarian informasi siswa secara mandiri dan teliti mampu menggambarkan
bagian-bagian struktur
tubuh Lumut
5.
Dengan teliti dan bertanggungjawab
siswa mampu
menjelaskan cara hidup Lumut setelah melakukan diskusi
6.
Secara mandiri dan aktif siswa
mampu menyebutkan habitat Lumut setelah
melakukan pencarian informasi di berbagai sumber
7.
Dengan aktif dan bertanggungjawab
siswa mampu menjelaskan kembali cara
reproduksi tumbuhan lumut setelah melihat video reproduksi tumbuhan lumut
8.
Melalui diskusi siswa mampu menjelaskan klasifikasi Lumut dengan teliti dan mandiri
9.
Dengan mandiri dan peduli
lingkungan siswa mampu menuliskan manfaat Lumut
bagi kehidupan
E.
Materi
Pembelajaran
- Ciri umum plantae
1.
Hampir semua tumbuhan
memiliki klorofil
2.
Bersifat eukariotik
dengan dinding sel yang yang dilapisi oleh selulasa
3.
Autotrof
4.
Multiseluler
5.
Berfotosintesis
6.
Tumbuhan dibedakan dari
ada tidaknya jaringan pembuluh
- Klasifikasi plantae
- Ciri umum lumut
1.
Berfotosintesis,
multiseluler dan eukariotik
2.
Tak memiliki akar, batang dan daun sejati
(talus)
3.
Mengalami pergiliran
keturunan (dari gametofit – sporofit)
4.
Reproduksi seksual dan aseksual (spora)
5.
Lumut berukuran rata-rata 1 - 2 cm.
6.
Bentuk tubuh yang sederhana berupa thalus
(lembaran).
- Struktur tubuh lumut
- Cara hidup dan habitat lumut
1.
Fotoautotrof
2.
Difusi
, osmosis
- Reproduksi lumut
Melalui cara metagenesis (pergiliran keturunan)
g.
Klasifikasi tumb. Lumut
1.
Lumut
daun (musci)
2.
Lumut
hati (hepaticeae)
3.
Lumut
tanduk (anthocerotaceae)
h.
Manfaat
lumut bagi manusia
1.
Sebagai
bahan untuk obat
2.
Dapat
menjadi pengganti kapas
3.
Dapat
dijadikan bahan bakar dll.
F.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Tanya
jawab
§ Pengamatan
G. Model Pembelajaran
Model :
make-a match (mencari jodoh)
Strategi : Cooperatve
Script (pembicara dan pendengar)
Pendekatan : Konseptual
Teknik : Diskusi berkelompok
H. Sumber / Media
Pembelajaran
§ Buku
Biologi 1 untuk SMA dan MA., Diah
Aryulina dkk. 2010.
Esis.
§ Buku
Biologi untuk SMA kelas X. Istamar
Syamsuri, dkk. 2007. Erlangga.
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Buku
Saku Biologi SMA kelas 1,2, dan 3 Dwisang E.2012.Karisma.
§ Buku
lain yang relevan
§ Video
reproduksi Lumut
·
komputer
·
infokuc
·
Papan tulis
·
Bahan presentasi /
Power point
§ Internet
§ Lingkungan sekitar
I.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (waktu
5 menit)
Orientasi :
§ Guru
berdo’a kemudian mengucapkan salam untuk mengawali kegiatan belajar mengajar (Religius)
§ Guru
mengkondisikan siswa untuk tertib dan siap menerima pelajaran serta menyiapkan infokus
§ Guru
mengabsen siswa
Apersepsi :
Guru mengajukan
pertanyaan perbedaan antara tanaman dan tumbuhan kepada siswa “apa bedanya
tumbuhan dan tanaman?” tumbuhan dan tanaman apa saja yang kalian lihat di
lingkungan sekitar ? (Gemar membaca) . Guru
membuat rasa
ingin tahu siswa timbul.
Eksplorasi :
§ Secara mandiri dan aktif siswa
bersama guru menyebutkan ciri umum Plantae
§ Guru
menuliskan klasifikasi Kingdom Plantae (menimbulkan rasa ingintahu)
§ Guru memberikan peta konsep mengenai
kingdom plantae. Agar
menimbulkan rasa
ingin tahu siswa timbul.
§ Guru menugaskan siswa untuk membuat kelompok kecil yang
terdiri dari 2 (dua orang ) , kemudian guru membagikan lks kepada setiap kelompok, agar siswa mencari tahu tentang
materi yang akan di ajarkan dengan berdiskusi. (Gemar membaca)
Elaborasi :
§ Secara mandiri dan aktif siswa
bersama guru menyebutkan ciri-ciri
Lumut
§ Siswa secara mandiri dan teliti menggambarkan bagian-bagian
struktur tubuh Lumut dengan pengamatan
§ Dengan teliti dan bertanggungjawab siswa
menjelaskan cara hidup Lumut dengan
berdiskusi bersama guru
§ Secara mandiri dan aktif siswa bersama guru menyebutkan
habitat Lumut
§ Guru
menampilkan video reproduksi Lumut,
dengan aktif dan bertanggungjawab
siswa
mampu menjelaskan cara reproduksi Lumut
§ Siswa bersama guru berdiskusi dengan teliti dan mandiri
siswa menjelaskan klasifikasi Lumut
§ Guru
bersama siswa menuliskan manfaat Lumut bagi kehidupan sehingga siswa peduli
lingkungan sekitar
Konfirmasi :
·
Guru mengajukan beberapa
pertanyaan kepada siswa berdasarkan materi yang telah disampaikan (Menghargai
prestasi)
·
Guru mengadakan kuis
“make-a match (mencari jodoh)” untuk melihat pemahaman siswa terhadap materi
yang telah disampaikan. (mandiri dan komunikatif)
C. Kegiatan Akhir (waktu
5 menit)
Evaluasi :
§ Siswa secara mandiri menyimpulkan apa
saja yang di pelajari sambil mengulas pembelajaran. (menghargai prestasi)
§ Guru
memberikan tes evaluasi tertulis sebanyak
5 soal essay
§ Guru
menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya
J.
Penilaian
1.
Instrumen penilaian
a.
Sikap siswa (afektif)
b.
LKS (Lembar Kerja Siswa
: 7 Soal )
c.
Kuis “make-a match
(mencari jodoh)”
d.
Soal EvaluasiTertulis
(Soal Essay : 5 soal )
e.
Tugas
2.
Pedoman
penilaian
a.
Penilaian aspek
afektif
PENILAIAN
ASPEK AFEKTIF
Tujuan : Mengukur sikap siswa pada
saat pembelajaran berlangsung.
Nama
siswa :
Kelas :
Sikap
dan Nilai
|
Keterangan
|
||
Sangat
baik
|
Baik
|
Tidak
baik
|
|
Memperhatikan
penjelasan guru.
|
|||
Memperhatikan
media pembelajaran.
|
|||
Menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru.
|
|||
Memperhatikan
fenomena yang terjadi pada saat pengamatan
|
|||
Mengikuti
pengamatan dengan sungguh-sungguh.
|
|||
Serius
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|||
Kerjasama
dalam kegiatan pengamatan kelompok.
|
|||
Diskusi
dalam kelompok berjalan secara efektif dan kondusif.
|
|||
Mampu
menyimpulkan hasil pembelajaran.
|
|||
Mampu
menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah
dilakukan.
|
|||
Mengomentari
gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna.
|
|||
Mengungkapkan
gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada.
|
Keterangan
: Sangat baik (2), Baik (1), Tidak Baik (0)
b.
LKS
: bobot nilai per soal
No
1 = 15 No 3 = 15 No 5 = 15 No 7 = 10
No
2 = 15 No 4 = 15 No 6 = 15
c.
Kuis “make-a match
(mencari jodoh)”
Menggunakan skor : 100 point bagi penjawab tercepat
d.
Bobot nilai per
soal : essay = skor 1
Nilai: Skor yang didapat siswa x 100
Jumlah
soal essay
e.
Bobot
atau analisis hasil
A=
sangat baik (86-100)
B=
baik (75-85)
C=
cukup (66-74)
D=
kurang (<65)
3.
Instrumen Soal Uji Kompetensi
Tertulis
1)
Tuliskan 2
ciri-ciri tumbuhan lumut !
2)
Sebutkan 3
bagian-bagianstruktur tumbuhan lumut !
3)
Sebutkan 3
divisi/klasifikasi tumbuhan lumut !
4)
Bagaimana cara
hidup lumut !
5)
Lengkapi daur hidup
lumut berikut !
|
|
|
0 comments:
Post a Comment